Rabu, 07 Mei 2008

Pengalaman dari kamar praktek

kadang-kadang saya ketika praktek sering kali susah untuk menegakkan diagnosa suatu penyakit, bukan apa-apa sih kadang kala antara 1 penyakit dengan penyakit yang lain itu gejalanya hampir sama semua bingung juga.
keterbatasan dokter yang praktek dirumah sendiri ya seperti itu alat diagnosanya kan kurang, misal seperti pemeriksaan laboratorium, cuma kalau kita harus memriksakan pasien ke laborat terlalu sering juga kadang-kadang opini masyarakat akan berbeda takut dibilang dokternya gak pinter dan sebagainya, jadi kita harus bagaimana ? mungkin saja anda mau ikut saran saya biar diagnosa anda pas, he...he...he
1. musti berdoa dulu minta petunjuk sama allah swt biar hati kita dibimbing so dapat insting yang pas gitu lho
2 mungkin kita perlu sekali lagi baca buku pemeriksaan fisik, dan tandai yang khas-khas saja tentang penyakit tersebut.
3 lalu cari pada buku induk/ diktat tentang penyakit tersebut
4 nah kalau sudah begitu anda cermati perjalan dan ciri khas dari suatu penyakit.
5 ikuti kata hati anda dalam memberikan terapi tersebut.
memang sih itu tidak menjamin 100% tepat cuma kita bisa mendiagnosa sesuai dengan diagnosa terdekat kita dengan penyakit aslinya. setidaknya 80% diagnosa kita tepat. dan ingat juga setelah anda praktek doakan pasien anda semoga diberi kesembuhan melalui obat dan anda....he...he...(yang terakhir berdoa juga semoga kalau sakit lagi kembali periksa ke anda....boleh tho mengharap.dokter juga butuh pasien)

Read More..

0 komentar: