Selasa, 15 Juli 2008

obat baru bagi diabetesi

OBAT BARU BAGI PENDERITA DIABETES MELITUS
Pnederita diabetes mellitus tentunya sangat akrab sekali dengan obat-obatan bagi penyakit tersebut, sebut saja Glucophage, glibenklamid, atau glucobay dan tentu saja insulin.
Namun kini telah ditemukan obat baru bagi diabetesi, obat baru ini bekerja meningkatkan kerja hormon incretin, yaitu suatu hormon yang diproduksi di sel usus bila terangsang makanan yang masuk ke dalam saluran cerna. Hormon ini meningkatkan produksi insulin oleh sel beta pancreas dan sebaliknya menghambat hormon glukagon yang dihasilkan sel alfa pancreas, glukagon sendiri bekerja melawan efek insulin dengan meningkatkan kadar glukosa darah.
Berikut golongan obat inkretin/ penghambat enzim DPP-4 :
• Generik ( sitagliptin ) : nama dagang Januvia, sediaan 50 mg & 100 mg
• Generik ( vildagliptin ) : nama dagang Galvus, sediaan 50 mg & 100 mg
Akan tetapi dikarenakan obat ini baru maka saya meyakini harga obat ini pasti akan sangat mahal sekali, mungkin anda bisa membuka artikel saya tentang obat generik dan obat paten diblog saya ini.
Untuk info tentang dibetes anda bisa surfing di www.persadia.org
(sumber tulisan diambil dari booklet penatalaksanaan dibetes mellitus, PERSADIA)

Read More..

1 komentar:

doktervito.bloggspot.com mengatakan...

masalahnya obat tersebut tidak bekerja langsung di reseptor beta pankreas, sejauh mana efektifnya dalam menurunkan kadar gula darah?dan apakah aman dikombinasi dengan insulin long acting?